Rabu, 15 Februari 2012

Mobil Sport Bermesin Rotary




RX-8 Mazda adalah mobil sport yang diproduksi oleh Mazda Motor Corporation. Ini pertama kali muncul pada tahun 2001 di Pameran North American International Auto. Ini adalah penerus RX-7 dan, seperti pendahulunya di kisaran RX, hal ini didukung oleh mesin Wankel atau lebih umum sering disebut mesin Rotary. RX-8 mulai penjualan di Amerika Utara model tahun 2004. Mazda mengumumkan pada tanggal 23 Agustus 2011, bahwa RX-8 akan dihentikan dari produksi mengutip model 2011 sebagai baris terakhir produksi. RX-8 telah dihapus dari pasar Eropa pada tahun 2010 setelah mobil gagal memenuhi standar emisi. Tanpa volume penjualan dari Eropa ditambah dengan harga Yen naik, Mazda tidak bisa membenarkan penjualan lanjutan dari RX-8 di pasar lain.



Mobil ini menggunakan mesin rotary yang memiliki akselerasi cukup tinggi dibandingkan dengan mesin biasa.. Keunggulan mesin rotari adalah menghasilkan performa yang ekstra kuat dari kapasitas mesin yang secara ukuran relatif kecil, putaran mesin yang tinggi (sampai 9.200 putaran per menit), dan bobot mesin yang ringan. Pembatasan kecepatan, yang ditandai dengan bunyi berdesing ala pesawat terbang, akan bekerja pada 8.500 putaran mesin per menit (rpm). Namun, 8.500 rpm itu dapat dilampaui dengan mudah, tanpa harus menyiksa mesin yang putaran maksimumnya 9.200 rpm.

Pada mesin konvensional, gerak vertikal, gerak horizontal, atau gabungan antara keduanya (pada mesin yang berkonfigurasi V) diubah menjadi gerak putar sebelum disalurkan ke roda. Dan, perubahan gerak itu membuat mesin konvensional memerlukan lebih banyak komponen sehingga bobotnya lebih berat. Belum lagi perubahan gerak itu membuat daya yang dihasilkan mesin banyak berkurang. Pada mesin rotari, mesin bekerja dengan gerak putar sehingga mesin lebih ringan karena komponen yang diperlukan tidak banyak dan tidak ada daya yang terbuang sebelum disalurkan ke roda.

Secara bahan bakar, mobil ini cukup boros. Dengan bahan bakar sekelas pertamax plus dengan perbandingan jarak 1 liter untuk 4km. Untuk desain mobil ini cukup sporty, enak dilihat dan keren buat jalan-jalan di kota-kota akan tetapi jangan lupa untuk hati-hati karena mobil ini tidak di desain untuk bawa ban cadangan kecuali bawa sendiri ditaruh di seater belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar